Ranny Emilia

Download CURRICULUM VITAE
Nama : Ranny Emilia
Lahir di Jakarta, 2 Juni. Tinggal di Jakarta hingga menamatkan Sekolah Menegah Atas, dan menetap di Padang sebagai dosen Unand sejak tahun 1986. Mendapat gelar Bachelor (BA) di bidang Hubungan Internasional dari FISIPOL UGM tahun 1981, dan menamatkan tingkat graduate (Doctoradus) di bidang Hubungan Internasional FISIPOL UGM tahun 1985 dengan judul tesis: Sikap Indonesia Menghadapi Situasi Strategis di Laut Cina Selatan.
Mendapat gelar Master of Philosophy (M.Phil) dari School of Humanities, Murdoch University , Perth Australia.pada tahun 1997 untuk studi Gerakan dan Organisasi Perempuan.
Ranny Emilia adalah Ketua Jurusan Ilmu Politik yang Pertama (1997-2000), Pendiri Program Studi Ilmu Hubungan Internasional dan Ketua Prodi Ilmu Hubungan Internasional yang pertama (2007-2011) di FISIP Unand. Pusat perhatian beliau adalah pada Studi Konflik dan Perdamaian, dalam konteks-konteks gender, demokrasi, kemanan nasional dan globalisasi.
Tulisan yang pernah diterbitkan antara lain: Memperbaiki Dunia Melalui Tangan-Tangan Perempuan dan Tantangan Globalisasi Abad 21. Beliau aktif dalam berbagai gerakan di masyarakat lokal, nasional maupun global, sebagai tenaga ahli, kontributor maupun pendukung gerakan masyarakat bawah.

E-mail: eranny258 [at] yahoo.co.id